02122522237
info@pahtsung.sch.id

Profil SD Pah Tsung

VISI MISI

SD PAH TSUNG

Visi :

Menghasilkan peserta didik yang berakhlaq mulia, unggul dalam akademik dan bahasa serta kompetitif.

Misi :

  1. Menanamkan ajaran agama masing-masing dan karakter optimis, progresif, dedikatif, kooperatif.
  2. Meningkatkan kualitas SDM pendidik dan tenaga kependidikan.
  3. Membekali siswa dengan program kegiatan yang mengarah kreatifitas dan inovasi siswa.
  4. Membekali siswa dengan pembelajaran penggunaan 3 bahasa (Indonesia, Mandarin, Inggris) sesuai kompetensinya.

 

TATA TERTIB

 

  1. Tata tertib Sekolah

Tata tertib siswa SD Pah Tsung :

  1. Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar
  2. Siswa sudah tiba di sekolah sekurang-kurangnya 10 menit sebelum bel berbunyi.
  3. Bel tanda masuk pukul 55 WIB, yang sekaligus ditandai dengan ditutupnya pintu masuk SD (di lantai 2).
  4. Siswa dinyatakan terlambat jika hadir di sekolah lewat pukul 07.00 WIB.
  5. Siswa yang datang terlambat, melapor ke guru piket, guru piket mencatat keterlambatan dibuku piket dan agenda.
  6. Hari efektif belajar sesuai dengan kalender pendidikan dari sekolah. Siswa/i tidak diperkenankan mendahului libur atau terlambat masuk setelah libur sekolah. Apabila pada hari tersebut ada pengambilan nilai maka siswa/i tersebut tidak diberikan susulan kecuali siswa/i sakit dan disertai bukti surat dari dokter.
  7. Setiap ketidakhadiran harus disertai dengan surat izin dari orang tua, jika tidak masuk dikarenakan sakit lebih dari 2 hari maka harus disertai dengan surat dokter dan diserahkan pada wali kelas.
  8. Pakaian Seragam Sekolah
  9. Siswa datang ke sekolah dengan berpakaian rapi dan sopan mengenakan seragam sekolah.
  10. Hari Senin, Selasa , Kamis : Seragam Sekolah Pah Tsung, Sepatu kets  warna hitam polos dan kaos kaki berlogo Pah Tsung serta wajib memakai ikat pinggang berwarna hitam.

Hari Rabu      : Pramuka lengkap, sepatu kets warna  hitam dan kaos kaki warna hitam berlogo tunas kelapa.

Hari Jumat     : Atasan mengenakan kemeja batik bebas (berkerah dan berlengan pendek), bawahan menggenakan bawahan seragam pramuka, sepatu kets warna hitam dan kaos kaki berlogo Pah Tsung, serta wajib memakai ikat pinggang berwarna hitam

  1. Jika ada pelajaran olahraga, wajib membawa baju ganti seragam Sekolah Pah Tsung. Jika ada jadwal olahraga pada hari Rabu maka siswa/i membawa seragam pramuka.
  2. Siswa/i wajib memakai kaos dalam warna putih/singlet.
  3. Apabila ada ekstrakurikuler siswa membawa baju ganti untuk ekstrakurikuler basket dan futsal.

 

  1. Keterlambatan
  2. Keterlambatan hadir

Siswa yang datang terlambat wajib melapor kepada guru piket, untuk distempel agendanya dan dicatat dibuku piket serta memperoleh form keterlambatan untuk masuk  ke dalam kelas.

  1. Konsekuensi keterlambatan kehadiran adalah sebagai berikut:
  • Tahap 1 : Siswa yang datang terlambat lebih dari pukul 07.00 untuk siswa/i kelas 1 dan 2 menulis di form pelanggaran 10 baris “Come to school before 7 am” Kelas 3-6 menulis di form pelanggaran satu halaman penuh  Come to school before 7 am”. Terlambat > dari 30 menit , menulis 2 halaman Come to school before 7 am” Tahap 2 : siswa yang terlambat > 3kali akan ada pemanggilan orangtua oleh walas ( lewat agenda siswa).
  • Tahap 3 : Siswa yang terlambat > 5 kali, aka nada pemanggilan orangtua ( surat resmi dari sekolah), konseling guru BK dan membuat dokumen perjanjian.
  • Tahap 4 : Siswa yang terlambat > 7 kali dalam satu bulan, aka nada pemanggilan orangtua ( surat resmi dari sekolah). Siswa akan menerima tugas tambahan dari tim kesiswaan dan dilaksanakan setelah jam pulang sekolah.
  • Tahap 5 : Siswa yang terlambat lebih dari 7 kali dalam satu bulan akan dipulangkan/ tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari tersebut
  1. Ketidakhadiran
  2. Orangtua wajib memberitahukan kepada pihak sekolah alasan ketidakhadiran siswa dan siswa membawa surat keterangan ketidakhadirannya pada hari berikutnya
  3. Siswa yang tidak hadir dan tidak memberikan surat keterangan apapun kepada wali kelas dinyatakan sebagai alpa atau absen.
  4. Jika siswa tidak hadir karena hal yang direncanakan wajib membawa surat pemberitahuan dari orangtua 3 hari sebelumnya dan apabila ada tugas dari bapak/ibu guru siswa yang bersangkutan tetap mengerjakan tugas-tugas dan diserahkan tepat waktu.
  5. Siswa yang tidak hadir karena memperpanjang masa liburnya apabila ada ulangan pada hari tersebut maka akan menerima konsekwensi tidak diperkenankan mengikuti ulangan susulan.
  6. Siswa yang tidak hadir karena sakit, wajib membawa surat keterangan dari dokter.
  7. Kewajiban siswa
  8. Siswa wajib berpakaian rapi ketika datang ke sekolah.
  9. Siswa wajib datang dan pulang tepat waktu.
  10. Siswa putra wajib berambut pendek dan rapi, rambut siswi perempuan yang panjang harus diikat/dikepang agar terlihat rapi.
  11. Siswa wajib mengikuti semua kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah.
  12. Siswa wajib melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
  13. Siswa wajib ikut serta menjaga/menciptakan ketertiban sekolah dan menaati peraturan sekolah baik tertulis maupun lisan.
  14. Siswa wajib menjaga nama baik seolah di dalam maupun di luar sekolah.
  15. Siswa wajib menghormati, menghargai dan berlaku sopan dengan memberi hormat budaya Pah tsung kepada pengurus yayasan, pimpinan, guru, karyawan, tamu dan orang tua baik di dalam atau di luar sekolah.
  16. Siswa wajib saling menghargai sesama siswa di dalam maupun di luar sekolah.
  17. Siswa wajib memberi label nama dan kelas pada semua barang miliknya seperti kotak pensil, baju seragam, pakaian olahraga, tempat makan dan minum, buku pelajaran, buku tulis dll.
  18. Siswa wajib bertanggung jawab atas kehilangan barang miliknya dan mencari barang hilang di lemari “LOST and FOUND” yang berada di pintu loby SD. Barang-barang yang tersimpan di lemari setelah sebulan tidak diambil akan disumbangkan ke pihak yang membutuhkan.
  19. Siswa wajib membawa agenda dan agenda setiap hari ditandatangani oleh orangtua.
  20. Siswa kelas 1 & 2 pada saat breakfast & lunch wajib makan di dalam kelas . Siswa kelas 3-6 pada saat breakfast & lunch wajib makan di area kantin.
  21. Siswa wajib membawa dan mempersiapkan perlengkapan alat tulisnya dengan lengkap dari rumah. Tidak diperkenankan saling meminjam alat tulis untuk menghindari hal-hal yang menganggu pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar.

 

 

 

 

 

  1. Tugas-tugas
  2. Siswa wajib melaksanakan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru
  3. Apabila siswa terlambat menyerahkan tugas ke guru yang bersangkutan sesuai waktu yang ditentukan, maka guru berhak memberi penilaian sebagai berikut :
  • Terlambat menyerahkan tugas dan tanggal yang ditetapkan lebih lama 3(tiga) hari, maka nilai maksimum yang diberikan adalah 80 ( pencapaian nilai terbesar meskipun tugas tersebut terhitung benar secara keseluruhan)
  • Lebih dari 3 ( tiga) hari maka nilai maksimum adalah nilai sesuai KKM (sesuai dengan bidang pelajaran masing-masing).
  1. Larangan-larangan

Untuk membantu proses pembelajaran maka ada beberapa larangan yang ditetapkan oleh sekolah sebagai berikut :

  1. Siswa dilarang keluar dari lingkungan sekolah selama kegiatan pembelajaran kecuali seizin guru piket/kepala sekolah
  2. Siswa dilarang mengucapkan kata-kata kotor dan kasar yang tidak selayaknya diucapkan oleh seorang siswa.
  3. Siswa dilarang membawa uang jajan yang berlebihan untuk siswa kelas 3-6 maksimal Rp 50. 000,00 .
  4. Siswa dilarang membawa benda-benda yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan belajar mengajar seperti kaset, mainan, buku porno dan senjata tajam.
  5. Siswa putri dilarang mewarnai rambut, kuku dan memakai perhiasan/asesoris yang yang berlebihan dan tidak wajar.
  6. Siswa putra dilarang mewarnai rambut dan memakai perhiasan yang tidak wajar untuk dikenakan oleh pria.
  7. Siswa dilarang keras melakukan bullying, berkelahi atau terlibat dalam perkelahian di dalam atau di luar sekolah.
  8. Siswa dilarang makan/minum pada saat proses pembelajaran berlangsung.
  9. Siswa dilarang membawa handphone, ipad, PSP dan barang elektronik ke sekolah.
  10. Siswa dilarang mencoret-coret meja, dinding atau barang milik sekolah,apabila siswa merusak fasilitas sekolah baik sengaja atau tidak maka siswa wajib menggantinya.
  11. Siswa dilarang meminta/mengikuti les privat kepada semua guru/karyawan sekolah Pah Tsung.
  12. Siswa dilarang membawa tipex cair dan rautan. Untuk menjaga kebersihan kelas dan keefektifan dalam kegiatan belajar mengajar maka siswa dilarang meraut di dalam kelas. Apabila ada siswa yang membawa tipex cair maka akan diambil dan disimpan.
  13. Sanksi

Segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa seperti yang tercantum dalam tata tertib, siswa tersebut akan mendapakan sanksi :

  1. Teguran lisan dan pemberitahuan

Teguran lisan untuk mengingatkan siswa atas kesalahan atau kelalaian yang dilakukan atau pelanggaran terhadap tata tertib.

  1. Teguran tertulis dan pemanggilan orangtua

Teguran tertulis untuk mengingatkan siswa atas kesalahan atau kelalaian yang dilakukan atau pelanggran terhadap tata tertib sekolah setelah teguran lisan dilakukan, tetapi tidak ada perubahan pada sikap siswa.

  1. Surat peringatan dan pemanggilan orangtua

Surat peringatan diberikan setelah dilakukan teguran lisan dan tertulis atas kesalahan yang dilakukan atau pelanggaran terhadap tata tertib.

  1. Skorsing dan pemanggilan orangtua.

Skorsing bisa berupa tidak diperkenankan mengikuti pelajaran di kelas sebagaimana siswa lain, pemulangan, tidak masuk sekolah.

  1. Dikembalikan kepada orangtua

Siswa akan dikembalikan kepada orangtua/dikeluarkan jika teguran, surat peringatan, skorsing tidak dapat memperbaiki kelakuan siswa atau siswa sudah melakukan pelanggaran berat yang tidak dapat ditolerir sekolah.

  1. Siswa dapat dikeluarkan langsung tanpa peringatan apabila melakukan pelanggaran sebagai berikut:
  • Menyalahgunakan, mengedarkan atau menggunakan obat terlarang.
  • Berkelahi di dalam/di luar sekolah dengan teman/guru atau orang luar.
  • Berbuat asusila/tidak senonoh di dalam / di luar sekolah
  • Mencemarkan nama baik sekolah atau guru atau karyawan atau pimpinan sekolah.
  1. Antar jemput
  2. Mengingat tempat parkir kita terlalu sempit, maka dihimbau orang tua murid /sopir yang mengantar hanya diperkenankan untuk menurunkan anak. Biarkan anak terbiasa membawa tasnya sendiri masuk ke sekolah.
  3. Karena tempat parkir yang sempit maka penjemputan baru boleh dilakukan 30 menit sebelum pelajaran berakhir.
  4. Dimohon orangtua menjemput tepat waktu. Apabila siswa terlambat dijemput, dengan toleransi waktu lebih 15 menit dari waktu yang telah ditentukan. Lewat dari 15 menit guru kelas tidak bertanggung jawab akan siswa tersebut.
  5. Uang Sekolah

Uang sekolah /SPP wajib dibayarkan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Pembayaran hanya dapat dilakukan melalui virtual account BCA, tidak melalui bank lain.

  1. Tata Tertib Perpustakaan.
  2. Tata tertib
  3. Tidak membuat gaduh di ruang perpustakaan
  4. Tidak makan dan minum di ruang perpustakaan
  5. Tidak meninggalkan kertas bekas atau apapun di meja
  6. Tidak merusak/menyobek buku/majalah dan koleksi lain milik perpustakaan
  7. Tidak mencoret-coret koleksi perpustakaan, meja baca ataupun peralatan lain perpustakaan
  8. Tidak menempelkan pengumuman yang tidak berkaitan dengan perpustakaan di ruang atau fasilitas perpustakaan tanpa seizin petugas perpustakaan.
  9. Tidak meninggalkan barang beharga lainnya tanpa pengawasan di ruang perpustakaan
  10. Tidak membawa tas dan topi di ruang perpustakaan
  11. Wajib menjaga ketertiban, kebersihan, kerapian, dan ketenangan di ruang perpustakaan
  12. Peraturan
  13. Pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu / daftar pengunjung
  14. Membaca buku referensi, buku langka, Koran, dan majalah hanya di dalam ruang perpustakaan
  15. Pengunjung (siswa) yang datang saat jam pembelajaran wajib membawa surat keterangan dari guru yang bersangkutan/ guru piket
  16. Guru wajib memberitahu petugas perpustakaan minimal 2 hari sebelum menggunakan ruang perpustakaan untuk pembelajaraan kelas
  17. Pengunjung tidak diperkenankan mengembalikan buku ke rak buku, tetapi menyerahkannya kepada petugas perpustakaan atau meletakkannya ditempat yang sudah disediakan.

 

  • Sanksi

Keterlambatan pengembalian buku pinjaman :

  1. Untuk 1 hari keterlambatan skorsing sbb :
  2. ≤ 1 minggu dikenakan sanksi (skorsing) tidak dapat meminjam buku selama 1 minggu setelah pengembalian buku
  3. ≤ 2 minggu dikenakan sanksi (skorsing) tidak dapat meminjam buku selama 2 minggu setelah pengembalian buku
  4. 2 minggu dikenakan sanksi (skorsing) tidak dapat meminjam buku selama 1 bulan setelah pengembalian buku

Menghilangkan/ merusak buku :

  1. Mengganti buku dengan jenis buku yang sama
  2. Mengganti buku dengan jenis lain yang sudah disetujui oleh petugas perpustakaan dan denda 30?ri harga buku yang hilang/rusak

Mencuri koleksi perpustakaan :

  1. Mengembalikan buku perpustakaan
  2. Dikeluarkan dari keanggotaan perpustakaan sekolah
  3. Dikenakan sanksi akademik dari kepala sekolah

 

  1. Syarat peminjaman dan pengembalian
  2. Memiliki kartu pelajar (ID card) sekolah Pah Tsung
  3. Kartu pelajar (ID card) tidak diperkenankan dipinjamkan kepada orang lain atau digunakan pihak lain untuk keperluan peminjaman
  4. Peminjaman dan pengembalian buku wajib menggunaka kartu pelajar (ID card) yang berlaku disekolah Pah Tsung
  5. Meminjam hanya 1 (satu) buku dalam waktu 1 minggu
  6. Memperpanjang peminjaman buku selama buku itu tidak diminati oleh anggota lainnya melaporkan kepada petugas perpustakaan
  7. Mengembalikan buku yang dipinjam dalam keadaan baik dan utuh
  8. Meminjam buku teks/pelajaran hanya oleh guru untuk digunakan pada proses pembelajaran selama 1 semester dan peminjaman maksimal 10 buku dan dapat diperpanjang dengan melapor kepada petugas perpustakaan
  9. Pengembalian buku pinjaman dilakukan ketika istirahat pertama ( breakfast) dan peminjaman buku dilakukan ketika istirahat ke 2 ( Lunch)
  10. Keanggotaan
  11. Keanggotaan perpustakaan terdiri dari pengurus Pah Tsung serta guru, karyawan, dan siswa yang masih aktif di sekolah Pah Tsung.
  12. Syarat menjadi Anggota perpustakaan SD Pah Tsung :
  • Tercatat sebagai siswa/i SD Pah Tsung.

 TATA TERTIB ORANG TUA

Kami mengharapkan kerjasama dari pihak orangtua dan partisipasi yang aktif dalam membantu anaknya yang menjalankan tata tertib yang berlaku demi kelancaran proses belajar anak di sekolah.Maka dari itu kami mengharapkan :

  1. Orangtua murid wajib datang tepat waktu menghadiri undangan-undangan dari sekolah.
  2. Orangtua tidak diperkenankan mengajak anak berlibur diluar liburan sekolah yang ada dalam kalender pendidikan.
  3. Orangtua wajib memperhatikan waktu masuk sekolah dan pulang sekolah anak sehingga diantar dan dijemput tepat waktu.
  4. Orangtua wajib memperbaiki/mengganti barang milik sekolah yang sengaja atau tidak sengaja dirusak oleh siswa.
  5. Bagi orangtua siswa yang akan memasuki lingkungan sekolah dan bertemu dengan guru/kepala sekolah/karyawan/siswa wajib berpakaian rapi dan sopan, bersepatu/sepatu sandal, tidak mengenakan celana atau rok pendek, tanktop, baju transparan/ketat.
  6. Wajib bersikap 3 S (senyum,sapa, salam) dan santun berperilaku) ketika berada di lingkungan sekolah. Bersikap dan bertuturkata yang sopan kepada guru.
  7. Jika ada masalah antar siswa, alangkah baiknya orang tua tidak kontak langsung dengan siswa / orang tua siswa tersebut, tetapi diselesaikan melalui sekolah (wali kelas).
  8. Orangtua hanya diijinkan mengantar makanan dan minuman yang tertinggal. Alangkah baiknya buku /barang/tugas yang ketinggalan merupakan pembelajaran tanggung jawab siswa sehingga tidak perlu diantarkan.
  9. Orangtua dapat merayakan HUT anak di sekolah dengan syarat :
  10. Dilaksanakan saat jam sekolah usai kurang kebih 30 menit.
  11. Diinformasikan kepada walikelas 3 hari sebelumnya.
  12. Dihimbau dirayakan secara sederhana agar tidak terjadi kecemburuan sosial.
  13. Orangtua wajib membaca dan menandatangani agenda anak setiap hari.

Principal

#

NUNING FEBRIYANTI, S.PD.

Kurikulum

Detail

Struktur

Detail

Share Course