SMA Pah Tsung menerapkan Kurikulum 2013 (revisi tahun 2018) dengan struktur kurikulum yang terdiri dari mata pelajaran wajib, peminatan, lintas minat, dan kegiatan pengembangan diri dengan penjabaran muatan kurikulum yang mengakomodasi pencapaian profil lulusan yang prima dalam ilmu, karakter, dan kompetensi penguasaan tiga bahasa (bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin). Berikut adalah fokus muatan kurikulum yang dijalankan oleh SMA Pah Tsung tahun pelajaran 2020/2021:
1. Mata pelajaran Pendidikan Agama & Budi Pekerti
Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama & Budi Pekerti mencakup 5 (lima) agama yakni agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, dan Hindu. Mata pelajaran Pendidikan Agama & Budi Pekerti dilaksanakan secara bersamaan dimana peserta didik melakukan moving class (berpindah kelas) sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
2. Mata Pelajaran Bahasa Mandarin
Guna mencapai kompetensi penguasaan bahasa Mandarin yang baik dimana target pencapaian lulusan SMA adalah HSK 4-5, maka kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin dilaksanakan dengan jumlah tatap muka sebanyak 6 (enam) jam pelajaran setiap minggu dan terbagi dalam tiga level kelas yang berjalan secara paralel.
Kelas bahasa Mandarin dibagi menjadi kelas HSK 2, HSK 3, dan HSK 4. Tes bahasa Mandarin berstandar internasional (HSK) akan dilaksanakan saat peserta didik berada di kelas XII.
3. Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Pencapaian kompetensi peserta didik dalam penguasaan bahasa Inggris berfokus kepada penguasaan 4 (empat) aspek keterampilan (skills) yakni reading, writing, listening, dan speaking. Hal ini diimplementasikan dengan adanya pembagian konsentrasi kelas. Setiap minggu, peserta didik mendapatkan jam tatap muka untuk reading & vocabulary class, writing & grammar class, serta listening & speaking class. Sekolah melaksanakan tes Cambridge English Qualifications setiap tahun untuk peserta didik kelas XI.
4. Kegiatan Pembiasaan Diri
Sebagai salah satu bagian dari pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) peserta didik, maka beberapa kegiatan pembiasaan diri antara lain menyanyikan lagu kebangsaan dan Mars Pah Tsung, pembacaan Dì Zi Gui (budi pekerti), doa pagi, dan briefing wali kelas dilaksanakan setiap pagi hari.
Selain itu, peserta didik juga mengikuti kegiatan rutin bulanan seperti ibadah bersama, upacara bendera, morning gym, serta budaya literasi. Kegiatan ibadah bersama dilaksanakan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing peserta didik bersama dengan para guru. Hal ini bertujuan agar peserta didik semakin mendalami iman kepercayaannya dan menjadi pribadi yang berkarakter religius. Budaya literasi bertujuan untuk mengembangkan minat membaca dan menulis peserta didik
Dengan adanya kunjungan perpustakaan, peserta didik melakukan kegiatan membaca sesuai dengan kesenangan mereka; serta sebagai bentuk dukungan sekolah, pada akhir tahun pelajaran, sekolah menerbitkan buku literasi yang berisi hasil karya tulis peserta didik. Dengan hal ini, diharapkan peserta didik memiliki kecakapan berbahasa yang baik untuk jenjang selanjutnya.
Waktu Belajar (Reguler dan PJJ)
Pembagian waktu belajar Tahun Pelajaran 2020/2021 pada kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dapat dilihat pada Tabel 3 berikut ini:
Pembagian Waktu Pelajaran Reguler
Hari: Senin – Jumat
Waktu: 06.40 – 15.15
Kegiatan pembelajaran rata-rata per hari berjumlah sembilan sampai dengan sebelas jam pelajaran.
Kegiatan ekstrakurikuler wajib Kepramukaan dimasukkan ke dalam jam pelajaran; sedangkan kegiatan ekstrakurikuler pilihan dilaksanakan setelah jam pulang sekolah mulai hari Rabu sampai dengan Jumat.
Pada masa pandemi, kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dilaksanakan dengan waktu belajar yang sedikit berbeda dari waktu belajar regular. Hal ini dikarenakan sekolah memahami kondisi dan keterbatasan peserta didik untuk belajar secara daring (online) baik dari segi daya dukung teknis dan juga kesehatan peserta didik.
Oleh sebab itu, pembagian waktu belajar pada masa PJJ dapat dilihat pada Tabel 4 sebagai berikut:
Pembagian Waktu Belajar PJJ
Hari: Senin – Jumat
Waktu: 07.30 – 13.50 WIB
Kegiatan PJJ dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB dimana peserta didik akan melakukan absen terlebih dahulu di pagi hari selambat-lambatnya pukul 07.00 WIB.
Dengan jumlah delapan jam pelajaran setiap harinya, peserta didik mendapatkan rata-rata empat sampai dengan lima jenis mata pelajaran. Selain Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dilaksanakan juga kegiatan Bimbingan & Konseling (BK), bimbingan wali kelas, serta kegiatan pengembangan diri lainnya seperti seminar siswa, kegiatan life skills, dan ekstrakurikuler soft skills yang memungkinkan untuk dilakukan secara daring. Beberapa kegiatan life skills diberikan kepada peserta didik untuk dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing antara lain mengerjakan pekerjaan rumah tangga, melakukan kegiatan literasi (journaling dan membaca), serta berkreasi bersama anggota keluarga lainnya. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik memiliki kesempatan meluangkan waktu di luar jam belajar untuk mengembangkan hobi dan kecakapan hidup.
高中采用 2013 年课程(2018 年修订)的课程结构,包括必修课、专业化、交叉兴趣和自我发展活动,并精心制定课程内容,以实现优秀的科学的毕业生形象和性格,并掌握三种语言(印尼文,英文,中文)。 以下是巴中高中部2020/2021学年开展的课程内容重点:
1.宗教与道德教育课
宗教与道德教育课,包括伊斯兰教、天主教、基督教、佛教、印度教等五个宗教。宗教与道德教育课同时进行,学生根据各自的宗教信仰进行班级调动。
2.中文课
针对高中毕业生我校希望学生能达到HSK 4-5级水平。为实现这个目标我校开展汉语学习活动,每周共有6(六)节课面授课程,分为并行运行的三个级别。汉语课程分为HSK 2、HSK 3和HSK 4级。我校将对高中毕业生进行HSK考试。
3.英文课
学生掌握的英语能力侧重于掌握阅读、写作、听力和口语四(四)项技能。这是通过班级集中的划分来实现的。 每周,学生都有面授的阅读和词汇课、写作和语法课以及听力课和口语课的时间。学校每年将对高中二年级的学生进行剑桥英语资格考试。
4.自我习惯活动
为了加强学生品格教育,每天早上我校举行多项自我习惯活动,包括唱国歌和巴中校歌、朗读《弟子规》、晨祷和班级简报。此外,学生还参加每月的例行活动,如联合礼拜、升旗仪式、晨练、识字学习等。宗教活动是根据每个学生的宗教信仰与老师一起进行。目的是为了让学对自己的信仰有更深的了解,并能成为具有宗教特征的人。识字学习旨培养学生对阅读和写作的兴趣。通过参观图书馆活动,学生根据自己的兴趣开展阅读活动; 作为学校的支持形式,在学年结束时,我校会出版包含学生作品的书籍。目的是让学生具有良好的语言技能。
学习时间安排(常规课程与远程教育课程)
2020/2021学年学校面对面教学活动的时间分配如下表:
常规课程时间安排
日期 : 周一 - 周五
时间 :06.40 – 15.15
每天的平均学习时间是九到十一节课。
童子军是我校的必修课外活动之一,它已安排在必修课程里; 而其他课外活动安排在周三至周五放学后进行。
疫情期间,远程教育活动的学习时间与常规学习时间略有不同。
这是因为学校了解学生在线学习的条件和局限性,无论是在技术方面还是健康方面。
因此,远程教育期间学习时间的划分见表4如下:
远程教育课程时间安排
日期 : 周一 - 周五
时间 : 07.30-13.50 WIB
学生 07.30 WIB 开始上课,最迟 07.00 WIB要进入课室。
每天平均有八节课,学生学习四到五个科目。
除了教学活动以 外,我校还开展在线指导与咨询活动、班主任辅导以及其他自我发展活动,例如学生研讨会、培养生活技能活动和软技能课外活动。我校会安排学生在各自的家中独立进行一些生活技能活动,包括做家务、识字活动(写日记和阅读)以及与其他家庭成员一起进行的创造性活动。这是为了让学生在学习时间之外有机会发展自己的兴趣爱好和提高生活技能。