info@pahtsung.sch.id 021 - 22522237

KURIKULUM

        Sekolah Dasar Pah Tsung menggunakan kurikulum nasional  2013 yang dikembangkan menjadi Kurikulum 2013 plus sesuai dengan visi dan misi sekolah dengan pengembangan penguasaan 3 bahasa  . Pembelajaran di dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran tematik terpadu dengan scientific dan 5 M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan yaitu pelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam tema- tema . Penilaian pembelajaran terintegrasi  ke dalam penilaian sikap, pengetahuan, dan ketrampilan menjadi satu kesatuan yang utuh pada tiap mata pelajaran.

Kegiatan belajar mengajar untuk muatan pelajaran  Pendidikan Agama & Budi Pekerti mencakup 6 (enam) agama yakni agama Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu dan Konghucu. Bila jumlah peserta didik tidak mencapai 5 orang untuk tiap tingkat kelas pada masing-masing agama, maka sekolah bekerja sama dengan tempat ibadah peserta didik belajar agamanya.

Mata Pelajaran Bahasa Mandarin ( Tionghoa)

Dalam mengikuti perkembangan zaman, pembelajaran Bahasa Mandarin (Tionghoa) sekarang ini menjadi salah fokus dan minat yang  harus dikuasai dengan baik. Oleh karena ini kami terus menyajikan pembelajaran yang menarik dan kreatif, sehingga menarik minat peserta didik-siswi. Pencapaian target penguasaan bahasa Mandarin ( Tionghoa ) dalam pembelajaran untuk  jenjang  SD yaitu  pencapaian kompetensi bahasa mandarin berdasarkan YCT level 3  di jenjang kelas 3 dan HSK level 1 untuk jenjang kelas 5.

Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Pencapaian kompetensi peserta didik dalam penguasaan bahasa Inggris berfokus kepada penguasaan 4 (empat) aspek keterampilan (skills) yakni reading, writing, listening, dan speaking. Target dalam pembelajaran bahasa Inggris tersebut mengacu pada beberapa kerangka utama pembelajaran, di antaranya: Cambridge English Qualifications, National Geographic Learning, CEFR ( Common European Framework of Reference for Languages ), dan Kurikulum Nasional.

A. KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK

Kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat Peserta didik.

Selain kegiatan-kegiatan mengajar di kelas, ada beberapa kegiatan pendukung yang diberikan kepada peserta didik  dengan tujuan agar setiap peserta didik dapat mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat anak-anak. Adapun kegiatan adalah sebagai berikut :

Ekstrakurikuler

           Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan   diri peserta didik sesuai dengan talenta atau bakat dan minat  yang ada dalam diri mereka. Kegiatan ini terbagi dalan dua kategori yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler Wajib pilihan

Club Prestasi


Tujuan dari kegiatan ini untuk mempersiapkan anak-anak menyalurkan kemampuannya untuk bidang matematika dan IPA. Kegiatan ini diikuti dari jenjang kelas 3-5 dengan cara diseleksi.


Paduan Suara


Merupakan kegiatan yang akan diikuti oleh peserta didik kelas 3-5 dengan cara diseleksi . Dengan tujuan peserta didik-siswi yang mempunyai bakat dan minat  dalam bidang tarik suara dapat menyalurkan kemampuannya.